KOLITIS ULSERATIS

Definisi

         Kolitis Ulseratif adalah penyakit ulseratif dan inflamasi dari lapisan mukosa kolon dan rektum. (Brunner & Suddarth, 2002, hal 1106). Kolon Ulseratif adalah penyakit radang lolon nonoesifik yang umunnya berlangsung lama disertai masa remisi dan eksaserbasai yang berganti-ganti. (Sylvia A. Prine & Lorraine M. Wilson,2006,hal 461) Kolitis Ulseratis adalah penyakit inflamasi primer dan membrane mukosa kolon. (Monica Ester,2002,hal 56)



Etiologi


  • Factor familial/genetic 

Penyakit ini lebih sering di jumpai pada orang kulit putih daripada orang kulit hitam dan orang cina, dan insidennya meningkat (3-6 kali lipat) pada orang yahudi di bandingkan dengan orang non yahudi. Hal ini menunjukan bahwa dapat ada predisposisi genetic terhadap perkembangan penyakit ini.

  • Faktor infeksi

Sifat radang kronik penyakit ini telat mendukung suatu pencarian terus-menerus untuk kemungkinan penyebab infeksi. Di samping banyak usaha untuk menemukan agen bakteri,jamur,atau virus,belum ada yang sedemikian jauh diisolasi. 

  • Faktor imunologik

Teori bahwa mekanisme imun dapat terlibat di dasarkan pada konsep bahwa manifestasi ekstraintestinal yang dapat menyertai kelainan ini (misalnya arthritis,perikolangitis) dapat mewakili fenomena autoimun dan bahwa zat terapeutik tersebut, seperti glukokortikoid atau azatioprin, dapat menunjukan efek mereka melalui mekanisme imunosupresif.

  • Factor psikologis

Gambaran psikologis pasien penyakit radang usus juga telah di tekankan. Tidak lazim bahwa penyakit ini pada mula terjadi, atau berkembang, sehubungan dengan adanya stress psikologis mayor misalnya kehilangan seorang anggota keluarganya. Telah dikatakan bahwa pasien penyakit radang usus memiliki kepribadian yang khas yang membuat mereka menjadi rentan terhadap stres emosi yang sebaliknya dapat merangsang atau mengeksaserbasi gejalanya.

  • Factor lingkungan

Ada hubungan terbalik antara operasi apendiktomi dan penyakit colitis ulseratif berdasarkan analisis bahwa insiden penyakit colitis ulseratif pada decade ke-3.



Komentar